Selasa, 15 April 2014

keuntungan metode diskusi saat mengajar pelajar SLTA


KEUNTUNGAN METODE DISKUSI
Metode Diskusi bagi Murid SMA

Dudi Akasyah, MSi.

Definisi
Metode diskusi adalah suatu cara atau teknik pembelajaran yang diterapkan guru kepada siswa untuk membentuk beberapa grup siswa dimana antara satu grup dengan grup lainnya saling menyampaikan suatu materi, dibahas, tanya-jawab, dan pengambilan keputusan.
Uraian
Diskusi dapat dilakukan dari guru kepada murid, dapat pula dilakukan antar murid untuk memahami suatu pelajaran. Melalui diskusi murid dapat lebih enjoy di dalam memahami suatu pelajaran. Sebagai perbandingan dengan metode ceramah, metode ceramah di satu sisi mempunyai keunggulan, namun di sisi lain metode ceramah sering memforsir guru, baik energi maupun pemikiran, padahal perjuangan tersebut belum tentu dapat dipahami oleh murid. Tugas guru hanya meng-inisiasi acara diskusi, menyiapkan bahan, memandu, dan mengarahkan.
Terdapat beberapa hal positif yang akan diterima oleh murid melalui metode diskusi:
Membaca
Melalui diskusi murid bersungguh-sungguh di dalam membaca buku pelajaran, yang lainnya menyimak. Hal ini berbeda jika guru yang terus menerus menerangkan maka biasanya murid kurang menyimak. Melalui diskusi, murid akan membaca dengan seksama setiap materi pelajaran. Mungkin ada suatu motif dari mereka bahwa : Boleh jadi kalimat yang pelik itu akan ditanyakan oleh teman diskusinya. Di sisi lain, peserta diskusi akan teliti di dalam menyimak sehingga mereka dapat bertanya atau tampil bagus dalam diskusi tersebut.
Tanggung-jawab
Dalam diskusi, teman satu grup diskusi akan memiliki tanggung-jawab untuk mempelajari suatu mata pelajaran. Sebab jika semua anggota/tim dalam diskusi tidak siap dengan materi pembahasan maka kelompoknya akan dilanda kesulitan di saat menjawab berbagai pertanyaan dari kelompok lain. Oleh sebab itu maka muncul tanggung-jawab dari masing-masing individu untuk memahami pelajaran tersebut.
Murid Aktif, Kreatif, dan Prokduktif dalam Berpikir
Murid akan aktif untuk bertanya dan berjuang keras memperoleh jawaban dari pertanyaan tersebut. Waktu beberapa jam tak terasa, semua murid berpartisipasi di dalam diskusi. Merupakan suatu kebanggaan apabila ia dapat berpartisipasi di dalam diskusi.
Bekal Masa Depan Murid
Diskusi merupakan seni menyampaikan pendapat, menerima usulan, memperoleh jalan keluar, dan menetapkan suatu keputusan. Belajar diskusi dapat menghilangkan nervous, belajar menyampaikan pendapat. Pembelajaran diskusi merupakan persiapan murid sebelum mereka terjun ke masyarakat, yang mana untuk mengurusi masalah di masyarakat diperlukan musyawarah, adapun musyawarah merupakan bentuk formal dari diskusi.
Memperhalus bahasa
Dalam keseharian seringkali siswa berkata-kata yang tidak sepantasnya diucapkan. Berbicara asal-asalan tanpa peduli apa akibatnya. Melalui diskusi, siswa diajak untuk belajar mengontrol pembicaraan. Melalui diskusi, siswa belajar untuk diplomatis, berpikir, berkomunikasi secara baik, persuasif, berpendapat, dan belajar mengambil keputusan.
Public Speaking
Belajar melalui diskusi merupakan pembelajaran agar murid kelak dapat memiliki kemampuan sebagai public speaking. Murid dilatih untuk belajar berbicara, berpidato, sambutan, ataupun pembicaraan formal lainnya. Melalui diskusi, pelajaran dibahas secara lebih antusias, lebih hidup, dan lebih meringankan. Tanpa metode yang tepat maka pelajaran yang berat akan terasa makin berat, sebaliknya seberat apapun pelajaran jika memakai metode yang tepat maka akan terasa mudah untuk memahaminya.
Penutup
Metode diskusi merupakan salah-satu cara transfer ilmu dari guru kepada murid. Melalui diskusi, murid lebih aktif di dalam menggali ilmu, dan melatih kerjasama, serta melatih mental, pemikiran, dan melatih cara menyampaikan ide atau gagasan.

Jakarta, 19 Feb 2014

Tidak ada komentar:

Posting Komentar